Juni 17, 2024

Pewarta : Yaker.
Editor : Khaiko.

Pelitasumbar Padang pariaman – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur secara resmi membuka MTQ Nasional tingkat Nagari Balah Aie, kegiatan MTQ yang dilaksanakan oleh pemerintahan Nagari Balah Aie dimulai dari tanggal 29 November sampai 30 November 2022 bertempat di pondok pesantren Jabalfil dusun Guguak gajah, Korong Toboh mandahiling, Nagari Balah Aie, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, kabupaten Padang, Sumbar, Selasa (29/11/22).

Melalui kegiatan MTQ ini, kita tingkatkan motivasi dan minat dalam mempelajari, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an. Pembukaan MTQ diakhiri dengan memukul genderang sebanyak tujuh kali oleh bapak bupati Suhatri Bur.

Juga terlihat Hadir bersama bupati Suhatri Bur Dirut PDAM Aminudin, Kadis perhubungan Monrizal, camat VII Koto Sungai Sariak yang mewakili, Bhabinkamtibmas Nagari Balah Aie Nasrullah, Wali Nagari Balah Aie Jonifriadi, dan Niniak Mamak, Alim ulama, Cadiak pandai, Walikorong, serta seluruh perangkat Nagari Balah Aie.

Dalam sambutannya, Bupati Suhatri Bur memberikan apresiasi kepada pemerintahan Nagari Balah Aie selaku penyelenggara kegiatan MTQ ini, dan kegiatan MTQ ini merupakan suatu wadah dalam menciptakan generasi muda yang Reliqius dan berwawasan adat basandi syarak,syarak basandi kitabullah.

“Kegiatan ini sangat positif dalam mensyiarkan agama Islam, serta banyak nilai-nilai positif lainnya yang terkandung dalam kegiatan MTQ ini,” ujar aciak panggilan akrabnya bapak bupati.

Disebutkan Melalui kegiatan MTQ tingkat Nagari ini dapat juga dijadikan sarana peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an, yang di jadikan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari
Dan kegiatan MTQ ini merupakan momentum dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Padang Pariaman yang Religius, unggul, sejahtera dan berkelanjutan sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati Padang Pariaman.

“Mari kita jadikan kegiatan MTQ ini sebagai ajang silaturahmi diantara sesama dan juga sebagai alat pemersatu dengan sesama,”ucap bupati.

Ia berharap agar seluruh kafilah yang akan mengikuti perlombaan ini benar benar dapat mengikuti dengan serius serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dalam artian berani mengakui keunggulan rivalnya karena kegiatan MTQ ini bukannya siapa yang menang dan siapa yang kalah tetapi lebih mengarah kepada peningkatan pemahaman, penghayatan dan penghafalan Alquran terutama di kalangan generasi muda sebagai penerus bangsa.

“Raih prestasi dan harumkan nama daerah sehingga kedepannya nanti dari generasi ke generasi dan dari tahun ke tahun kegiatan MTQ seperti ini terus dilaksanakan,”harap bupati.

Ditempat yang sama mewakili masyarakat Nagari Balah Aie, Wali Nagari Jonifriadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak bupati beserta rombongan yang telah hadir bersama masyarakat di Nagari balah aie dalam rangka pembukaan MTQ tingkat Nagari.

“Untuk itu kami dari seluruh panitia pelaksana MTQ dan Niniak Mamak Serta tokoh-tokoh masyarakat di kenagarian balah Aie sekali lagi menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak bupati Suhatri Bur atas sumbangan yang telah diberikan kepada panitia pelaksana MTQ, mudah-mudahan dapat menjadi ladang pahala dikemudian hari,”ungkap Jonifriadi.(r)