Juni 15, 2024
Editor : Khaiko.
Pewarta : Yaker.
Pelitasumbar. Parik Malintang – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman hingga saat ini terus berkomitmen dalam mewujudkan Padang Pariaman Religius yang sesuai dengan Visi dan Misi Pemimpin Daerah tersebut sesuai yang tertuang didalam RPJMD.

Adapun upaya yang telah dilakukan Pemkab Padang Pariaman yaitu melahirkan program Gerakan Seribu Penghafal Al-Qur’an (Gebu Pafa).

Gerakan Seribu Penghafal Al-Qur’an (Gebu Pafa) adalah sebuah program yang diluncurkan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah dengan mewadahi anak-anak penghafal Al-Qur’an dari berbagai daerah di Kabupaten Padang Pariaman.

Untuk mewujudkan itu semua, anak-anak penghafal Al-Qur’an diberikan apresiasi hadiah dan beasiswa untuk membangkitkan mereka dalam belajar. Adapun Penyerahan beasiswa dan hadiah Gebu Pafa Tahun 2022 berlangsung di Masjid Raya IKK Parit Malintang, pada Kamis, (03/11).

Bupati Suhatri Bur dalam keterangannya mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemkab Padang Pariaman, Baznas, Bank Nagari, Alba Resort Lubuk Alung, dan RM Putra Minang.

Hal tersebut menunjukkan kolaborasi yang masif untuk mewujudkan Padang Pariaman Religius kedepan.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan,“Pemerintah Daerah saat ini terus melakukan inovasi dan berkolaborasi bersama Baznas, tokoh masyarakat, dan OPD. Alhamdulillah hari ini kita membagikan hadiah dan penghargaan kepada anak-anak kita, semoga bisa menjadi motivasi untuk menambah hafalan dan istiqomah dalam menjaga hafalan,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Baznas Padang Pariaman Rahmat Tk. Sulaiman. Mengatakan, bahwa Gebu Pafa merupakan gerakan bersama yang melibatkan banyak tokoh dan instansi.

Maka dari itu, ia berharap semoga semakin banyak pihak yang berkontribusi dalam melahirkan penghafal Al-Qur’an di Padang Pariaman.

“InsyaAllah Penghafal Al-Qur’an akan terus lahir di Padang Pariaman ini, dan insya Allah tentunya akan membawa keberkahan untuk daerah kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Kabag Kesra Syamsirman mengungkapkan, sebanyak 1302 peserta yang mendaftar Gebu Pafu telah mengikuti seleksi. 405 peserta diantaranya dinyatakan lolos seleksi.

Pembagian hadiah untuk bintang tahfidz terdiri dari lima kategori, yaitu Kategori 1 – 4 Juz senilai Rp300.000, 5 – 9 Juz senilai Rp500.000, 10 – 19 Juz senilai Rp.900.000, 20 – 29 Juz senilai Rp2.000.000, dan 30 Juz senilai Rp3.000.000,-

Pembagian hadiah tersebut turut disaksikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Rudi Rahmat, Inspektur Hendra Aswara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Anwar, Sekretaris Kemenag Mukhlis, Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Alung Zulfahmi, Owner Alba Resort Lubuk Alung Ali Husein, Camat Se-Kabupaten Padang Pariaman, Tokoh Masyarakat, dan Anak-anak penghafal Al-Qur’an.(r)