Juni 15, 2024
Pewarta  : Gindo Suhara
Editor : Khaiko.
PELITASUMBAR (Padang pariaman) – Seluruh Peserta Didik Baru Santri Pondok Pesantren Modern Subulussalam kelas VII MTs dan kelas X MA ikuti Psikotes, Lubuak Pandan, Kecamatan 12X 11 Enam Lingkung Senin (18/07/2022). Seluruh peserta didik baru terlihat sangat antusias mengikuti semua rangkaian tes.
Menurut Waka Kurikulum sekaligus Guru BK MTs PPM. Subulussalam Dini Faiza, S. Pd, kegiatan ini bertujuan mengarahkan peserta didik kepada peminatan. Selain itu juga tes psikologi ini ditujukan agar pengelompokan minat santri benar-benar mempertimbangkan tidak hanya potensi akademik, melainkan juga mempertimbangkan potensi psikologis dan minat peserta didik.
Guru BK MA PPM. Subulussalam Sri Desy Sylvia Dinda, S. Pd dan Guru BK  MTs PPM. Subulussalam Dini Faiza, S. Pd  juga mengatakan, dengan diadakannya sistem ini diharapkan akan memacu calon santri baru, apalagi tes psikologi ini dilakukan oleh tenaga ahli yakni bapak Nazarlin, S. Psi.,M.Psi (pimpinan) dan tim, dari Biro Layanan Psikologi PT. Mahkota Jiwa Consulting.
Program ini merupakan program tahunan yang diadakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling MTs dan MA Pondok Pesantren Modern Subulussalam. Peserta yang mengikuti psikotes berjumlah 150 santri putra dan putri.
PPM Subulussalam bekerja sama dengan Biro Layanan Psikologi PT. Mahkota Jiwa Consulting yang dipimpin oleh Bapak Nazarlin, S.Psi, M.Psi.
Kegiatan psikotes ini bertujuan untuk menggali potensi Kecerdasan Intelektual ( IQ ) dan pemetaan potensi bakat dan minat santriwan/wati di lingkungan Pondok Pesantren Modern Subulussalam, sehingga mampu menjadi santriwan/wati  yang sesuai dengan visi dan misi PPM Subulussalam.
Dengan pengukuran psikologis ini, guru dapat memiliki bekal yang cukup untuk mengarahkan siswa sesuai dengan minat dan potensinya dalam proses belajar mengajar di PPM. Subulussalam.(*)