Juni 15, 2024
Pewarta : Yaker.
Editor : Khaiko.
Pelitasumbar Kurai Taji – Ketua Persatuan Olahraga Buru Babi (Porbi) AKBP Maymuspi, Rabu (30/11/2022) dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Porbi Sumatera Barat.

Ratusan niniak mamak, muncak rajo se Padang Pariaman hadir dalam pelantikan di Aula Rumah Makan Sambalado, Kurai Taji, Kota Pariaman itu.

Asril Mukhtar Datuak Rangkayo Basa dalam hantaran kata menyebutkan, bahwa persoalan buru babi, muncak dan kelengkapan buru lainnya, adalah kepunyaan niniak mamak.

“Niniak mamak punya ulayat, dan kepunyaan itu dipersalangkan ke muncak dan anak muda, ” katanya.

Dia ingin, Porbi Padang Pariaman punya kekuatan yang disandarkan pada nilai adat dan budaya yang berlaku di daerah ini.

Sementara, Ketua Porbi Padang Pariaman Maymuspi menyikapi, bahwa pengukuhan ini adalah wujud dari kebersamaan seluruh muncak dan anak muda di bawah penasehat niniak mamak.

“Rasa Kebersamaan dan kekeluargaan, dicerminkan oleh ajing seekor, galah sebatang, rimba setumpak,” ungkapnya.

Makanya, kata dia, sakit bejenguk, luka bertawas, menjadi tradisi dalam membesarkan organisasi Porbi ini.

Sekretaris Porbi Sumbar Bermansyah menyebutkan, bahwa dalam AD/ART Porbi, organisasi ini netral, tidak tersangkut dengan kekuatan partai politik manapun.

Bermansyah yang melantik pengurus Porbi Padang Pariaman ini menilai, Porbi Padang Pariaman cukup kuat dan besar, dan menyebar di seluruh pelosok nagari.

Datuak Jambak, salah seorang tokoh adat Ulakan Tapakis menyebutkan, bahwa kebersamaan Porbi Padang Pariaman tidak boleh berjupang dua.

“Porbi harus satu, dan jangan dipecah oleh kekuatan manapun,” tagad dia. (r)