Juni 22, 2024
Pewarta : Gindo Suhara.
Editor : Khaiko.
PELITASUMBAR (padang pariaman) – Guna mendukung proses pendidikan dan mutu pengelolaan pembelajaran pada Pondok Pesantren Modern Subulussalam, Kepala General Affair (GA) Noperdi, A. Md  mulai mengadakan pembekalan kepada Tim GA Tahun Pelajaran 2022/2023, Senin(11/7) di aula kantor yayasan.
Hadir dalam Pembukaan Pembekalan kegiatan ini, ustad Amril, MS selaku Penasehat Pesantren, Zainal Ketua Harian Yayasan, dan Heri Yudiansyah, MA plt.Pimpinan.
Dalam paparannya, Noperdi, Kepala GA Pesantren Subulussalam mengajak kepada Tim GA untuk memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya, menjadikan pekerjaan berkinerja sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.
Dalam peserta pembekalan General Affair (GA) ini berjumlah 28 orang, meliputi Teknis Lapangan 1 orang, Tim Security 6 orang, Tim OB 4 orang, Tim Usaha Kesehatan Pesantren (UKP) 2 orang, Tim Depot Air 1 orang, Tim Smart 2 orang, Tim  Dapur 7 orang, dan Tim Kantin 5 orang. Seluruh Tim GA tersebut dibawah koordinasi dari Kepala GA, ujar Noperdi.
“Moment pembekalan ini harus digunakan sepenuhnya untuk menjadi pendukung program pendidikan pesantren dan meningkatkan mutu proses pembelajaran. Pembekalan bisa memulai dengan pertemuan awal, menjelaskan isi komitmen dan langkah kerja yang akan digunakan, melaksanakan tugas, dan melakukan petemuan evaluasi per-bulan terhadap karyawan,” jelasnya.
Dalam kegiatan pembekalan hari ini Senin 11/07, didatangkan narasumber dari Tim Puskesmas 2 orang yaitu bu Rani yang membidangi seputar kesehatan makanan dan gizi, sedangkan bu Balqis yang membidangi kesehatan lingkungan pesantren dan sanitasi. Adapun narasumber dari Polres Padang Pariaman yaitu bapak Fadli dan bapak Doly yang membidangi keamanan dan ketertiban.
Dengan Langkah ini, tegas Penasehat dan Pimpinan, seluruh Tim GA akan bekerja sama dalam Tim, melaksanakan, dan memberi evaluasi setiap bulan nantinya. Follow up lanjutan bersama narasumber sebagai mitra kerjasama yang akan membantu pelaksanaanya di lapangan bagi seluruh karyawan khususnya Tim GA.
Salah satu jabatan dalam organisasi lembaga yang memiliki tugas dan fungsi penting adalah General Affair. General Affair adalah suatu jabatan yang memainkan peranan penting dalam pengelolaan lembaga. Dalam hal ini, General Affair atau GA biasanya bertanggung jawab mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan kegiatan operasional lapangan di lembaga. Satu satunya lembaga pesantren yang memiliki General Affair adalah Pesantren Subulussalam yang terletak di Kampung Panyalai Nagari Lubuk Pandan Kecamatan 2X11 Enam Lingkung Kab. Padang Pariaman Sumbar. Hal ini agar struktur organisasi lebih tersistem dan dapat terukur dalam pencapaian target kemajuan selanjutnya. (HR)