Juni 22, 2024
Pewarta : Yaker.
Editor : Khaiko.
Pelitasumbar Padang pariaman – Bupati Padang Pariaman Suharti Bur, SE., MM pada hari Jumat (28/10/22) menghadiri pelantikan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan yang terpilih guna untuk menghadapi pemilu serentak di 2024 nanti, kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Daima Padang.

51 Orang Panwaslu Keacamatan dilantik dan diambil sumpah jabatan dan akan mengemban tugas mengawasi Pemilu pada tahun 2024 mendatang, di daerah kescamatan nya masing-masing sesuai amanah yang diberikan.

Terlihat hadir pada saat pelantikan tersebut, yaitu Bupati Padang Pariaman Suhart Bur dan unsur Forkompimda serta, KPU Padang Pariaman.

Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Anton Ishaq dalam sambutannya  menjelaskan, seluruh anggota Panwascam yang telah dilantik pada hari ini, nantinya akan melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku dan ditempatkan di kecamatannya masing-masing dengan jumlah 3 orang setiap kecamatan, katannya.

“Selanjutnya ia pun menegaskan dalam bekerja harus menjaga netralitas jangan dicederai, sesuai amanah,
bekerja dengan maxsimal dan jangan sampai ada salah satu pihak merasa dirugikan pada Pemilu nanti.”

Lakukan pencegahan, karena fungsi utama panwaslu tersebut adalah melakukan pencegahan serta mengawasi jalannya pemilu,” tegasnya.

Ia berharap, di era serba digital seperti sekarang ini, diimbau kepada masyarakat jangan ada yang terjebak oleh money politik, berita hoax, dan hal-hal lain yang nantinya dapat merugikan diri kita sendiri, untuk kedepannya para panwascam harus dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terkait dengan meluruskan informasi, dan nantinya seluruh yang bertugas di panwaslu dapat menciptakan pemilu yang jujur dan adil,”harapnya.

“Khusus untuk anggota Panwascam segera lakukan koordinasi sesuai dengan mekanisme yang ada di Bawaslu dan juga kordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti, Camat, Kapolsek, dan Danramil di kevamatannya masing-masing,” ujarnya.

Bupati Padang Pariaman Suharti Bur, SE., MM menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

Suhatri Bur berharap dengan telah dilantiknya anggota panwascam se kabupaten Padang Pariaman agar nantinya dapat dan mampu menciptakan pemilu yang Jujur dan adil,” kata bupati Suharti Bur yang akrab dipanggil aciak.

Ia juga mengatakan, bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Panwaslu tentu tidaklah ringan, seperti mengontrol dan mengawasi jalannya pemilu serta mencegah jangan sampai adanya pelanggaran pada pemilu 2024 nanti.

Diakhir sambutannya bupati Suharti Bur mengimbau agar seluruh Panwascam dapat membangun sinergi serta menjalin kerjasama dengan seluruh stakeholder yang ada.

“Jalin kerja sama yang baik, tetap lakukan koordinasi, bekerja dengan iklas, yang paling terpenting adalah bekerja sesuai dengan regulasi yang ada, dan beri teguran dengan humasis kepada masyarakat, ikuti aturan yang ada,” tutupnya. (r)