Juni 17, 2024
Pewarta : Mkd.
Editor :  Khaiko.
Pelitasumbar Padang Pariaman (SUMBAR)~ Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Lakukan apel Patroli Pengawasan kawal hak pilih, kegiatan Apel dilaksanakan di depan kantor Bawaslu Padang Pariaman dan dilanjutkan dengan berpatroli secara konvoi di beberapa wilayah di Padang Pariaman pada Kamis (27/2/23).

Kegiatan apel langsung dipimpin oleh Ketua Bawaslu Padang  Pariaman Anton Ishaq, dengan peserta komisioner dan seluruh jajaran sekretariat Bawaslu Padang Pariaman, Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Padang Pariaman, serta juga tampak menghadiri apel Komisioner KPU Padang Pariaman Erik Estrada, Kabid PIAK Disdukcapil Padang Pariaman Anda Marzuni.

Anton Ishaq saat komandoi apel menyampaikan “Apel hari ini dilaksanakan dalam rangka menjaga hak pilih dari setiap warga masyarakat yang belum terdata atau belum tercoklit oleh pantarlih dengan melakukan patroli kawal hak pilih selama 2 kali dalam sepekan”.

“patroli yang akan kita laksanakan ini dengan mengacu kepada Dalam Surat edaran bawaslu nomor 4 tahun 2023 menjelaskan bahwa bawaslu harus mensosialisasikan pemutakhiran data pemilih ini kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali, baik itu pemilih pemula, pemilih luar daerah yang berada di padang pariaman, ataupun memang pemilih yang sudah ada di dalam daftar pemilih pada pemilihan sebelumnya, kita harus mengawal pemutakhiran data pemilih ini dari awal sampai akhir,” tegas Anton Ishaq.

Anton ishaq menekankan Kepada Panwaslu Kecamatan “Jika nantinya ada saran perbaikan maka rekan-rekan bisa memberikannya langsung kepada KPU atau jajaran setingkat, jika nantinya saran perbaikan ini di abaikan maka rekan-rekan berhak untuk melakukan penindakan”.

Anton Ishaq kembali menambahkan “Penguataan pengawasan kita nantinya kepada legalitas dan akurasi data masyarakat, kemudian dalam pencegahan kita harus menjalin komunikasi dengan stakeholder dan tokoh masyarakat, pencegahan ini lahir tidak hanya dalam acara seremonial namun juga bisa dilaksanakan dalam acara keagamaan, kemasyarakatan yang ada di wilayah masing masing”.

“Oleh karena itu kami meminta komitmen kepada rekan-rekan semua tanpa terkecuali termasuk kepada jajaran Panwaslu di masing-masing kecamatan sampai dengan Panwaslu Nagari agar menjalankan tugas ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab,” pungkasnya.(r)