Juni 17, 2024

Pewarta : Mkd.

Editor : Khaiko.

Pelitasumbar Padang Pariaman-Ayooo…kaula muda, mari kita hijaukan perkarangan rumah dengan menanam kelapa hibrida rendah dan pinang wangi.Rabu,22/02/2023.

ajakan ini adalah kata hati salah seorang dari ribuan masyarakat pariaman, yaitu putra nagari kuraitaji yang bernama Khairul Koto,S.I.Kom, yang sangat peduli tentang kelanjutan ranah pariaman ini dan keberlanjutan tatanan lingkungan nan hijau di sekitar kita.

dengan menghijaukan perkarangan rumah, dengan cara menanam kelapa hibrida rendah dan pinang wangi walaupun hanya sekedar hiasan, dalam kurun waktu 3 sampai 4 tahun kita sudah bisa menghasilkan uang, untuk penunjang perekonomian dalam rumah tangga, dengan cara hitugan dagang, satu buah kelapa muda saja bisa menghasilkan uang dua ribu rupiah,kalau pohon kelapa tersebut dirawat dan dipupuk, satu tandannya bisa menghasilkan buah, 15 sampai 20 butir, tanaman tua pariaman ini sangat menjanjikan untuk anak cucu kita, bahkan kita yang menanamnya kalaupun sudah meninggal dunia, insyaallah akan mendapatkan sadakah jariyah,sesuai janji Allah, jelas Khairul.

jadi marilah kita berbuat dengan menanam kelapa hibrida rendah dan pinang wangi, walaupun kita tidak punya lahan yang luas,cukup ditanam di lingkungan perkarangan rumah saja, kalau pinang wangi anggap sebagai pagar dari tanah dan kelapa hibrida rendah jadi hiasan di halaman rumah, karena batangnya rendah dan pelepahnya pun tidak melebar,sehingga tidah terlalu mengganggu disekitar lingkungan.

insyaallah seizin Allah, ditahun 2024 disetiap rumah warga di pariaman sudah ada tanaman kelapa hibrida rendah dan pinang wangi sebagai tanaman hijau di lingkungan rumah.

dsan saya juga menyediakan bibit bagi yang berminat silahkan datang langsung ke-Kelapa Muda Sangai (ser-lok),Jalan raya pariaman -lubuk alung, sungai laban,nagari Kuraitaji timur,padang pariaman sumatera barat (082311578003-Khairul Koto).***