Juni 22, 2024

Pewarta : Sovia.

Editor : Khaiko.

PELITASUMBAR (Kuraitaji) – Goro ke dua JOP-LAMI dalam memahami HUT RI ke 77 memungut sampah plastik dilingkungan, yang dilaksanakan di nagari Kuraitaji timur,kecamatan nan sabaris kabupaten padang pariaman,Sumatera barat Selasa,09/08/2022.

kegiatan sosial lingkungan yang mendunia ini dibenarkan oleh ketua Jurnalis Online Piaman (JOP) Khairul Koto,S.I.Kom,”goro bersama dalam memahami arti HUT RI ke-77 ini, dengan tema,”Mari Bersama Memungut Sampah Plastik di Lingkungan” ini sudah yang kedua kalinya kami laksanakan, sesudah di nagari Pilubang yang pertama.

kebersamaan memungut sampah plastik di lingkungan ini di gagas oleh,Khairul Koto,S.I.Kom. Zulnazri Tanjung dan Rismawati dan diperkuat oleh rekan-rekan jurnalis padang pariaman.

kami sengaja melaksanakan kegiatan sosial ini dihari HUT RI ke 77, karena selama 76 tahun indonesia merdeka, pada umumnya masyarakat di NKRI yang kita cintai ini selalu menyambut atau merayakan hari kemerdekaan dengan cara ber eforia yaitu : memanjat batang pinang yang mengharapkan hadiah yang bergelantungan dan acara gembira ria lainnya yang diadakan di Nusantara ini.

tapi kita lupa, mungkin dari muncung senapan yang memuntahkan peluru yang bisa mematikan, kita telah terhindar, tapi sekarang dari jajahan sampah plastik yang bisa membunuh seisi alam ini masih mengancam indonesia,bahkan masyarakat di dunia.

maka dari itu kami mengajak seluruh lapisan masyarakat indonesia, setidaknya dilingkungan dimana kita berada,mari perangi sampah plastik,dengan cara satu rumah satu kantong plastik untuk mengumpulkan sampah plastik, selanjutnya sampah tersebut bisa di setorkan ke “Lumbung Sarok” yang ada di korong Ambacang, nagari Kuraitaji Timur.

sampah plastik yang dikumpulkan ibu-ibu itu bisa ditukarkan dengan perkakas dapaur dan juga bisa diganti dengan uang sebagai penggantinya,jelas Ketua JOP.

Kepala Dinas Kominfo kabupaten Padang pariaman Zaherman Kadar,”Kominfo sebagai corong informasi dari kinerja kepala daerah sangat mengapresiasi ajakan dan kerja dari Ketua Jurnalis Online Piaman dan LSM-LAMI  untuk bergoro dalam memerangi sampah plastik dilingkungan kita.

ajakan peduli terhadap lingkungan, khususnya sampah plastik ini memang sudah lama diserukan kesehatan dunia,tapi kegiatan goro bersama memungut sampah plastik yang melibatkan ibu-ibu rumah tangga yang di gagas duo ormas ini baru pertamakalinya dilakukan di padang pariaman.

dan kami berharap kegitan cinta lingkungan ini jangan hanya sekedar simbolis saja, yang hanya bersifat se saat setelah itu pudar ditelan massa, tapi mari dipertahankan dengan menumbuhkembangkan sampai ke anak cucu,karena dampak buruk dari sampah plastik ini dapat merusak pertumbuhan alam semesta, tapi bagi yang bisa mengolah sampah plastik ini dengan cara dan tatanan yang baik, maka sampah plastik yang merugikan ini bisa menjadi nilai tambah perekonomian yang menjanjikan,jelas kadis Kominfo.

Walinagari Kuraitaji Timur Jarizaldi,”Kami sangat menyambut baik ajakan Ketua JOP dan Ketua LAMI, untuk merangkul masyarakat peduli terhadap lingkungan dalam memungut sampah plastik,apalagi juga dipercaya sebagai posko yang kedua tempat “Lumbuang Sarok” yang bertempat di Korong Ambacang.

juga kepada ibu-ibu rumah tangga silahkan pungut dan kumpulkan sampah plastik dirumah masing-masing yang nantinya bisa disetorkan ke Lumbuang Sarok, dan sampah yang sudah terkumpul bisa ditukar dengan alat perkakas dapur dan juga bisa di ganti dengan uang, sebagai tanda jasa telah peduli terhadap sampah plastik,harap Jarizaldi.

diposisi yang sama ketua LAMI Rismawati,” kami sangat berterimakasih kepada semua pihak yang ikut serta menggalakkan gagasan kami ini, yaitu peduli terhadap lingkungan khususnya pemungutan sampah plastik di lingkungan kita.

dan kami juga berharap kegiatan yang serupa ini bisa berkelanjutan hendaknya, sekarang kita laksanakan ditingkat nagari, seterusnya ditingkat kota/kabupaten dan insyaallah bisa ketingkat yang lebih tinggi hendaknya,semoga di tiga titik yang kami jadikan sebagai posko penampungan sampah plastik (Lumbuang Sarok) yang berada di nagari Pilubang, nagari Kuraitaji Timur dan nagari Lubuk alung dalam wilayah kabupaten padang pariaman, bisa menerima sampah plastik yang dikumpulkan oleh ibu-ibu rumah tangga,jelas Risma.(*)