Juni 17, 2024

 

Pewarta : Yaker.

Editor : Khaiko.

Pelitasumbar Ulakan – Jama’ah Sholat Idul Fitri 1444.Hijriah-2023.Masehi, penuhi Surau Pondok Ketek, tempat penyimpanan benda bersejarah almukarramah Syekh Burhanuddin Ulakan.

sholat Idul Fitri 1444.H-2023.M,yang sesuai dengan putusan pemerintah republik indonesia yang jatuhnya pada hari sabtu,22/04/2023, juga di ikuti oleh jamaah syatarriyah yang melaksanakan sholat di Surau pondok ketek koto panjang sandi ulakan kecamatan ulakan tapakih kabupaten padang pariaman sumatera barat.

pada pelaksanaan sholat id kali ini di imami oleh Tuangku Heri Firmansyah.SH.Khalifah Syekh Burhanuddin ke 15 Ulakan. sedangkan yang bertindak sebagai khatib yaitu guru TPA/TPSA Zairil. dengan khutbah berbahasa arap, yang sesuai dengan ajaran ilmu yang telah diwariskan oleh guru-guru yang terdahulu.

sesuai dengan tradisi yang telah berjalan dari tahun ke tahun, bagi jamaah perempuan dari rumah masing-masing selalu membawa makanan ringan dan makanan nasi yang sengaja di santap setelah usai sholat idul fitri.dan buakan itu saja, jamaah lelaki dan perempuan juga anak-anak seusai menjhalankan sholat idul fitri memberikan sumbangan untuk keberlanjutan pembangunan surau, yang disebut dengan badoncek-red.

hal ini dibenarkan oleh Tuangku Heri Firmansyah,SH. Khalifah Syekh Burhanuddin ke 15, yang juga pemegang kunci amanah peninggalan Almukarrammah Syekh Burhanuddin Ulakan,” alhamdulillah sampai saat ini dari setiap tahunnya, dihari raya idul fitri jamaah yang mengikuti sholat selalu bertambah, dengan ramainya jamaah yang sholat, sudah tentu rezeki surau pondk ketek ini bertambah pula.

kepada seluruh jamaah, saya juga yang lainnya sebagai pengurus sangat berterimakasih atas kehadirannya, juga sumbangannya terhadap keberlanjutan pembangunan surau yang sedang terbengkalai ini. dan diposisi lain marilah kita selalu mewaspadai terhadap perkembangan dan tingkah laku anak, terhadap perkembangan zaman yang serba modern ini.

mari didik anak-anak kita sedari dini,agar mereka bisa menjadi penghafal Al qur’an dan juga bisa melanjutkan keinginan para ulama-ulama dalam keberlanjutan syi’arnya ajaran agama islam di muka bumi ini, harapan Khalifah.(*)