Juni 15, 2024

Pewarta : Sovia.

Editor : Khaiko.

PELITASUMBAR (Nagari Pilubang) – Jurnalis Online Pariaman (JOP) bahu membahu dengan LSM LAMI, untuk memungut sampah plasti dan kegiatan sosial lingkungan ini juga dipasilitasi oleh pemerintahan nagari Pilubang.yang dilaksanakan Kamis,04/08/22.yang bertempat di lingkungan nagari Pilubang kabupaten padang pariaman,Sumatera barat.

kegiatan membersihkan sampah plastih yang berserakan dilingkungan ini di gagas oleh ,Khairul Koto. Zulnazri Tanjung dan Rismawati.

hal ini dipaparkan oleh Khairul koto yang sekaligus ketua panitia pelaksana kegiatan pada awak media yang terlibat langsung dalam kegiatan sosial ini.

“sebenarnya niat untuk peduli pembersihan sampah terhadap lingkungan sudah lama saya harapakan, tapi baru sekarang saya bisa merangkul JOP juga LSM untuk memulainya, bertepatan dengan masuknya bulan menyambut hari kemerdekaan di NKRI.

namun cara menyambut HUT RI yang lazim dilaksanakan oleh masyarakat dengan memeriahkan hari kemerdekaan dengan cara panjat batang pinang dan berbagai acara lainnya, namun kami tampil beda dengan membuat tema yaitu”mari memahami hari kemerdekaan dengan memungut sampah plastik dilingkungan”.

sebagai simbolis pemungutan sampah plastik,kami mulai dari nagari Pilubang hari Kamis,04. terus di nagari lubuk alung hari selasa,09 dan berakhir di nagari kuraitaji timur hari Seni,15 agustus 2022. dalam mengajak masyarakat untuk pembersihan terhadap sampak plastik ini,kami memberikan selembar kantong plastik sampah disetiap rumah warga.

ketika kantong tersebut sudah terkumpul, nanti kami jemput atau bisa juga di setor ke posko “Lumbuang Sarok” yang bertempat di nagari kuraitaji timur (sungai laban) untuk di tukarkan dengan perabot perkakas dapur dari plastik,hanya diberikan cuma cuma alias gratis,jelas Khairul Koto.

Ketua LSM-LAMI Rismawati,”keinginan membersihkan sampah plastik di lingkungan ini murni kesadaran rekan-rekan dari JOB dan LSM-LAMI, yang tidak ada unsur lainnya, apalagi unsur politik. yang kami harapkan hanya dari pemerintahan terendah nagari bisa bekerjasa dan mengajhak masyarakatnya untuk berbaur dan menyadari buruknya akibat sampah plastik, karena bisa merusak ekosistim,alam juga terhadap manusia.

dan kami sangat berharap program pendirin “Lumbuang Sarok” ini berkembang,bertahan dan berkelanjutan hendaknya,karena disamping mencegah penyakit, sampah plastik ini memiliki nilai ekonomi yang cukup menjanjikan bagi yang melaksanakannya, jelas ketua LAMI.

Walinagari Pilubang Asrul,”saya sangat menyambut baik ajakan dari rekan -rekan JOP dan LSM LAMI, kabupaten padang pariaman yang telah mendatangi pemerintahan nagari Pilubang untuk mengajak goro bersama dalam pembersihan sampah plastik.

walinagari jelaskan,hal yang serupa kami dinagari juga sudah memprogramkan tentang pembersihan sampah plastik, dan kami berencana akan mengadakan jambore di nagari pilubang ini yang terekait dengan pembahasan sampah plastik, dan apabila program kami ini akan di gelar, rekan dari JOP dan LSM-LAMI akan kami undang,harapnya.(*)