Juni 17, 2024

 

Pewarta : Firdaus.
Editor : Khaiko.

PELITASUMBAR (Bukittinggi) – Ada banyak produk peci beredar di pasaran. Khusus dari Sumbar, tepatnya di Bukittinggi, ada satu merek legend, yakni Peci Sjarbaini.

Peci buatan tangan ini, sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1927.

Produk ini pertamakali oleh H.Sjarbaini, di rumahnya di kawasan Kapeh Panji Agam. Saat itu siapa yang ingin memesan, mesti datang ke rumah H.Sjarbaini. Kemudian dia akan membuat sesuai ukuran orang yang memesannya.

Saking terkenalnya, sebelum era kemerdekaan pun, baik perwira Jepang maupun Belanda membelinya. Tak hanya, itu, Presiden Soekarno hingga Hatta pun pernah memakai peci ini.

Bukti peci ini dibeli Soekarno, ada di potongan koran yang menceritakan hikayat dari Peci Sjarbaini tersebut.

H. Sjarbaini wafat tahun 1992 silam, usahanya diwariskan ke keluarganya dan terus bertahan hingga sekarang.

“Peci ini terkenal setelah dibeli Soekarno pada tahun 1956 dengan ukuran nomor 9. Modelnya ada undakan di bagian atas dan masih disebut Model BK (Bung Karno),” tutur Gusmanelly (60) menantu dari H.Sjarbaini, Selasa 19 Juli 2022.

Peci Sjarbaini terbuat dari bahan baku beludru nomor 1 dan jahitan yang sangat rapi. Saking terkenalnya, pernah dipasarkan hingga ke Belanda, Jepang dan Malaysia.

Di zaman sekarang, para pejabat RI yang pernah membeli peci ini adalah SBY, Anas Urbaningrum hingga Gamawan Fauzi.

Dengan banyak pejabat memakai, maka peci ini sudah masuk kategori peci nasional.

Demi menjaga mutu dan orisinilitas, maka produksi peci tetap dipertahankan dengan pembuatan tangan.

Lokasi Toko
Bagi yang ingin membeli peci ini, silahkan datang langsung ke tokonya di Jalan Minangkabau No 24 Bukittinggi atau di Jalan Raya Bukittinggi – Padang KM 3 Kapas Panji.(*)