Juni 15, 2024
Pewarta : Gindo Suhara.
Editor ; Khaiko.
Fasilitas Parkiran Gratis untuk Jemaah Tablig Akbar UAS di Kota Pariaman
PELITASUMBAR (Kota Pariaman) – Pemkot Pariaman, gratiskan parkir berbagai jenis kendaraan untuk jemaah tablig akbar ustaz Abdul Somad atau UAS, yang akan digelar di GOR Rawang pada Minggu 3 Juli 2022.
Hal tersebut diungkap oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Afwandi, Sabtu (2/7/2022).
“Sesuai instruksi pimpinan, selama kegiatan (tablig akbar) tidak ada pungutan parkir dan camat telah diminta untuk menyosialisasikannya,” katanya.
Jika jamaah tablig akbar dimintai uang parkir, kata Afwandi, maka diminta untuk melapor kepada anggota Dishub dan pihak kepolisian setempat.
Berbeda halnya jika jemaah tablig akbar dengan sukarela memberikan uang kepada warga yang membantu jamaah atau jamaah menggunakan perkarangan rumah warga untuk parkir dan memberikan uang secara sukarela kepada pemilik rumah.
Hal tersebut bisa saja terjadi jika antusias jamaah yang besar untuk mengikuti tablik akbar sehingga parkiran yang disediakan tidak mampu lagi menampung banyaknya kendaraan.
Terkait tidak adanya biaya parkir, kata Afwandi, telah disosialisasikan pihaknya kepada warga setempat ketika warga tersebut mendatangi pihaknya.
“Tempat parkir banyak yang disediakan, depan GOR untuk tamu VVIP, untuk roda empat di sepanjang jalan, roda doa di sekolah-sekolah dan PDAM, dan parkir bus di depan makam pahlawan,” katanya.
Pemkot Pariaman telah membuat rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan pada tablig akbar tersebut.
Bahkan pihaknya menerapkan penutupan jalan di depan Polsek Pariaman serta menerapkan jalan searah di sejumlah ruas jalan. (**)