Juni 22, 2024

Pewaqrta : Yaker.
Editor : Khaiko.
Pelitasumbar Padang pariaman– Sebanyak 60 Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Padang Pariaman mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) asosiasi pendamping masyarakat dan desa nusantara di Hall IKK Parit Malintang, Rabu (19/10/22).

Bimtek tersebut diadakan dalam rangka mempersiapkan uji kompetensi para pendaming desa khususnya di Kabupaten Padang Pariaman.

Wakil Bupati Rahmang dalam sambutanya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pelaksana kegiatan Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa Nusantara (APMDN) DPC Kabupaten Padang Pariaman yang telah memfasilitasi acara ini.

“Kita berharap dengan terlaksananya bimtek ini dapat membantu para peserta dalam mempersiapkan uji kompetensi agar lulus dalam uji kompetensi pendamping,” harapnya.

Lebih lanjut, Rahmang menyebutkan tujuan dari terlaksanaya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendamping profesional serta berupaya meningkatkan kualitas diri untuk menjadi pendamping yang baik demi kemajuan Nagari-Nagari di Kabupaten Padang Pariaman.

Sebelumnya, Alfa Anwar selaku ketua DPC Kabupaten Padang Pariaman dalam laporannya menyebutkan peserta dalam kegiatan ini terdiri dari 6 orang tenaga ahli kompeten, 35 orang pendamping desa, 19 orang pendamping lokal desa yang tersebar di seluruh Nagari di Kabupaten Padang Pariaman.

Di kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Sumatra Barat Sugito mengungkapkan, Sertifikasi Kompetensi akan dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di Kementerian Desa.

“Sertifikat akan menjadi pegangan pendamping sebagai bukti telah memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugasnya sehingga dapat meningkatkan mutu dan profesionalitas dalam bertugas sebagai pendamping,” pungkasnya. (r)