Juni 22, 2024

Editor : Khaiko.
Pewarta : Yaker.
Pelitasumbar.Sintoga-Program Serentak Menggarab Kampung KB (Sergab Kakab) adapun sebelumnya program tersebut dianggap sebagai program yang sangat penting dan strategis kembali dilaksanakan di Kampung KB Tota Sakato, Korong Toboh Tangah, Nagari Toboh Gadang Barat, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Selasa (8/11).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM diprakarsai oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Tampak juga hadir Kepala DP3-PPKB Provinsi Sumatera Barat, unsur Forkopimda Padang Pariaman, Anggota DPRD Munafestonil, Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, Kakankemenag, Baznas, Camat se Padang Pariaman, wali nagari dan tokoh masyarakat di kecamatan setempat.

Wabup Rahmang dalam keterangannya mengatakan bahwa Sergab Kakab merupakan inovasi DPPKB dalam mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas secara menyeluruh. Meskipun demikian, Wabup mengimbau semua OPD agar ikut serta untuk berkontribusi, serta mengajak masyarakat ikut mendukung Program KB.

Dijelaskan Wabup, bahwa kegiatan Sergab Kakab sebelumnya, telah diterima bantuan oleh Kampung KB berupa rehab rumah tidak layak huni (RTLH), bantuan MCK, Beasiswa, benih ikan, burung puyuh beserta kandang, bantuan benih jagung, kaki palsu, kursi roda, pelayanan dari capil, BPJS, Pustaka keliling dan aksi nyata lainnya,”Sehingga apa yang menjadi tujuan utama dalam mensejahterakan rakyat dan meningkatkan kualitas masyarakat khususnya Kabupaten Padang Pariaman dapat kita wujudkan bersama,” ujarnya.

Tidak lupa juga, Wabup mengucapkan terimakasih kepada semua lini yang bertugas di lapangan, baik dari tenaga kesehatan, Kader penggiat KB, tokoh masyarakat, lintas sektor dan para OPD terkait.“Terima kasih kepada seluruh petugas lini lapangan, para tenaga kesehatan (medis/bidan), para kader penggiat KB, termasuk OPD dan tokoh masyarakat, lintas sektor di Padang Pariaman yang tanpa pamrih, telah bekerja keras dan terus bekerja memberikan sumbangsih tenaganya dalam pencapaian Program Bangga Kencana ini,” ucapnya.

Lebih lanjut Wabup Rahmang menjelaskan, Kampung KB ini telah dicanangkan oleh Bapak Presiden RI pada Januari 2016 yang lalu, ini merupakan wujud nyata dalam mempercepat membangun program Bangga Kencana dari pinggiran dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui pendekatan Holistik, Integratif, Tematik dan Spasial (HITS).

“Disamping membangun program Bangga Kencana program prioritas pembangunan di daerah juga membantu mengatasi permasalahan daerah khususnya nagari-nagari di bidang pendidikan, di bidang kesehatan, di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta catatan sipil,” tandas Ketua DPC PDIP Padang Pariaman ini.

Elfi Delita selaku Kepala DPPKB Padang Pariaman melaporkan, ini adalah program Bangga Kencana di Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2022 yang ke 8 (Delapan). Yang mana sebelumnya telah dilaksanakan Sergab Kakab 7 (Tujuh) di Kecamatan Enam Lingkung, Batang Gasan, Sungai Geringging, V Koto Timur serta Nan Sabaris, dan Lubuk Alung serta Kayu Tanam.

Elfi menerangkan,”hingga saat ini Kampung KB yang ada di Padang Pariaman berjumlah 22 Kampung KB yang tersebar pada 17 Kecamatan, dimana Tahun 2016 dibentuk 1 Kampung KB dan Tahun 2017 dibentuk 17 Kampung KB serta Tahun 2018 dibentuk lagi 4 Kampung KB,” ujarnya, saat didampingi oleh Elni Sari selaku  Kabid Penggerak dan Penyuluhan.

Ia mengatakan, dalam hal ini Pemkab Padang Pariaman sangat mendukung kegiatan unggulan melalui Kampung KB tersebut. Tidak lupa ia mengajak, didukung bersama pemerintah daerah bersama BKKBN dan juga peran stakeholder sangat dibutuhkan dalam bentuk aksi nyata seperti dilaksanakan hari ini.

“OPD, PKK dan banyak organisasi lainya, begitu pula tenaga kesehatan dan bidan terima kasih banyak dari kami. Karena Bapak/Ibu telah banyak berperan,” ulasnya.

Usai peresmian kegiatan Sergab Kakab juga diserahkan berupa bantuan jambat serhat dari Baznas Padang Pariaman sebesar Rp 4 juta rupiah yang diserahkan secara simbolis kepada salah seorang warga Arnelis dan bantuan 10 Al Qur’an.(r)