Juni 22, 2024
Pewarta : Anggun.
Editor : Khaiko.
Pelitasumbar Limapuluh Kota –  Bakajang, tradisi budaya khas Nagari Gunuang Malintang, Kecamatan Pangkalan kembali digelar tahun ini. Berlangsung dari Selasa, tanggal 25 April 2023 lalu, tradisi yang kental nilai adat dan budaya akan berakhir pada Sabtu, 29 April 2023.
Berbeda dari 4 hari sebelumnya, acara penutupan Alek Bakajang yang akan diselenggarakan di Jorong Baliak Bukik besok diprediksi akan lebih semarak.
Hal itu ditegaskan oleh Plt. Kepala Dinas Parpora Limapuluh Kota Elsiwa Fajri saat diwawancarai oleh tim Humas Diskominfo Limapuluh Kota, Jum’at, (28/04/2023). “Besok merupakan hari terakhir Alek Bakajang, berkemungkinan ribuan orang dari berbagai daerah akan menyaksikan festival tersebut, terlebih besok turut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi bersama Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo,” ungkap Elsiwa Fajri.

Pagelaran tahunan yang diselenggarakan setelah 3 syawal ini tentu saja ditunggu oleh berbagai pihak, terlebih setelah kemenangan prestisius yang menobatkan tradisi Bakajang sebagai Juara I Nasional kategori Atraksi Budaya (Cultural Attraction) di perhelatan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 besutan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Stable Sekayu, Sumatera Selatan, November 2021 lalu.

Di bagian lain penyampaiannnya Elsiwa Fajri turut menginformasikan bahwa pelaksanaan Alek Bakajang dilaksanakan di lima tempat berbeda dengan jumlah kapal sebanyak 5 buah dan dibuat oleh 4 Pasukuan yang ada di Gunuang Malintang, yaitunya Suku Domo, Malayu, Pagar Cancang dan Piliang ditambah dengan Kapal dari perwakilan Nagari  dan Alim Ulama Pemerintah Nagari Gunuang Malintang.

Pihaknya berharap semua unsur yang terlibat dalam mensukseskan Alek Bakajang dapat bekerja secara maksimal. “Terselenggaranya acara ini tentu akan berdampak terhadap kemajuan Nagari Gunung Malintang, banyak harapan yang bisa kita kembangkan disini. Bakajang akan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat,” katanya. Pada kesempatan yang sama, Elsiwa Fajri juga menyampaikan bahwa untuk Keamanan, Ketertiban, dan Keselamatan Masyarakat, Pemerintah Daerah bersama Nagari telah melakukan Koordinasi dengan pihak Kepolisian, TNI, BPBD serta Satpol PP. “Alhamdulillah, setiap instansi telah memerintahkan masing-masing personel nya dalam mensukseskan kegiatan ini”, tutup Elsiwa Fajri. (r)