Juni 22, 2024
Pewarta : Mkd.
Editor : Khaiko.
Pelitasumbar Batang Anai–Acara festival randai kreasi ke V dan lomba Mapalish ke III se Sumatera Barat digelar oleh OSIS SMAN 1 Batang Anai dan di ikuti oleh siswa siswi SMA dan SMP se Sumatera Barat.
Acara yang dihadiri Kabid SMA dinas pendidikan provinsi Sumatera barat ,Kasi SMA ,SMK Kacabdin Wilayah 2 Pariaman, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman, Kepala Sekolah SMA dan SMK se sumatera barat, Kepala Sekolah SMP se Sumatera Barat, Komite Sekolah SMAN 1 Batang Anai, Seluruh Majelis guru SMAN 1 Batang Anai, Kabid SMP Dinas Pendidikan Padang Pariaman dan tamu undangan lainnya.

Acara lomba randai kreasi ke V ini di ikuti oleh 14 group dan lomba Mapalish ke III di ikuti sebanyak 138 orang siswa SMP.

Dalam sambutan nya kabid SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Mahyan mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Sumatera Barat memberikan apresiasi kepada SMAN 1 Batang Anai atas terselenggaranya acara festival randai kreasi ke V dan lomba Mapalish ke III tingkat Sumatera Barat.

Selama kepemimpinan Haryanti M.Pd di SMAN 1 Batang Anai telah banyak membawa perubahan yang signifikan, apalagi pagelaran festival randai yang diselenggarakan ini sesuai dengan visi gubernur Sumatera Barat yaitu religius dan berbudaya.

”Kami dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sangat berterima kasih kepada SMAN 1 Batang Anai yang telah memfasilitasi siswa dan siswi dalam kurikulum merdeka, kami berharap SMAN 1 Batang Anai menjadi sekolah yang menggeliat dalam segala hal,” ungkap Mahyan.

SMAN 1 Batang Anai Gelar Festifal Randai Kreasi dan Lomba Mapalish
Kepala sekolah SMAN 1 Batang Anai, Haryanti M.Pd mengatakan “acara festival randai kreasi ke V dan lomba Mapalish ke III se Sumatera Barat ini digelar guna untuk memotifasi siswa/siswi dalam berprestasi, juga mendukung program gubernur Sumatera Barat yaitu religius dan berbudaya, secara religius kita telah mewisuda 60 wisudawan dan wisudawati dan dihadiri oleh anggota DPR RI pada hari Kamis tanggal 23 Februari 2023,”.

Baca Juga:  MTsN 1 Padang  Studi Tiru ke MAN 2 Pessel
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman ,Drs Anwar .MM, mengatakan bahwa kegiatan lomba randai kreasi ke V dan lomba mapalish ke III tingkat Sumatera Barat ini sesuai dengan kebijakan Kabupaten Padang Pariaman dan Sumatera Barat.

Kegiatan ini juga sebagai implementasi kurikulum merdeka yang telah diterapkan pada saat ini. Sejalan dengan visi bupati Padang Pariaman yaitu Padang Pariaman berjaya, unggul dan berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya.

Maka salah satunya visi dengan dilaksanakan festival randai ini adalah wujud untuk melestarikan seni budaya kita agar generasi muda khususnya para pelajar yang ada di Padang Pariaman itu bisa memahami, bisa mempraktekkan dan melestarikan seni budaya kita untuk masa masa yang akan datang .

Sementara itu Koordinator Peningkatan Mutu Pendidikan, Irwan Arnes mengatakan dengan adanya pagelaran seni randai ini sekiranya dapat mengangkat talenta atau bakat dari siswa dan siswi serta bagaimana menciptakan Sumbar yang berbudaya dengan melaksanakan atau melestarikan budaya minang kabau dalam bentuk festival randai, karena festival randai merupakan seni dan budaya dari Minang kabau, kami dari SMA 1 Batang Anai akan selalu menumbuhkembangkan bagaimana generasi muda sumatera barat tetap berbudaya, ujarnya.

Perlu diketahui SMAN 1 Batang Anai telah membuat program yaitu kegiatan tahfidz, dan telah mewisuda siswa dan siswi sebanyak 60 orang dalam lima katagori yaitu 10 juz , 5 juz , 4 juz , 3 juz , 2 juz dan juz amma.

Dalam kegiatan tersebut Jumlah peserta randai berjumlah 14 group dan mapalish 138 orang .hadiah untuk juara 1 lomba randai uang sebesar Rp.1.750.000..juara 2.Rp 1.500.000. ,Rp juara 3 ,1.250.000. Harapan 1 Rp.900.000,Harapan 2 ,Rp 750.000. untuk Mapalish .juara 1 uang sebesar Rp.600.000. juara 2 ,Rp.500.000.juara 3 ,Rp 400.000. Harapan 1 Rp 300.000. Harapan 2.Rp.200.000. (r)