Juni 22, 2024
Pewarta : Andi.
Editor : Kaiko.
Pelitasumbar.Kota Solok – Sukses sebelumnya membawa piala Adipura 2022 ke-10 ke Kota Solok yang dianugrahi oleh Kementerian Lingkungan Hidup, kini kota kecil yang dipimpin Walikota Zul Elfian Umar dan Wakil Walikota Ramadhani Kirana Putta di kepemimpinan memasuki tahun ketiga itu kembali menoreh prestasi yang membanggakan.

Prestasi yang didapuk Kota Solok yang diserahkan Selasa (14/3) adalah penghargaan Universal Health Coverage (UHC) terkait sukses atas capaian cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage. Terhitung sejak 2018 hingga 2023, sebanyak 78.271 jiwa penduduk per awal Maret 2023 telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 77.535 jiwa atau sebesar 100,95%. Artinya, seluruh warga masyarakat di Kota Solok telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wapres didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/03).

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin turut memberikan penghargaan kepada 22 Provinsi, 334 kabupaten dan kota yang telah mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.

Dengan tercapainya UHC di setiap daerah, Wapres juga mengapresiasi komitmen Pemda khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Walikota Solok Zul Elfian Umar mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas penerimaan penghargaan ini, karena atas kerja sama seluruh pemangku kepentingan Pemkot Solok yang telah bekerja keras agar masyarakat Kota Solok bisa terjamin ke dalam Program JKN.

“Dengan telah tercapainya UHC di Kota Solok maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kota Solok tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS,” ujar Walikota Solok Zul Elfian Umar dalam rillis yang media terima.

Adapun Kota/Kab di Sumatera Barat yang ikut didapuk penghargaan yang sama dengan Kota Solok yakni Kota Sawahlunto, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Bukitinggi, Kab Pasaman dan Kab Pasaman Barat dan Kab. Mentawai.(rk)