Juni 17, 2024
Pewarta : Yaker.
Editor : Khaiko.
Pelitasumbar Padang pariaman – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kembali menorehkan prestasi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI). Pemkab Kabupaten Padang Pariaman menerima tiga penghargaan dari Menteri PAN RB dalam satu hari.

Melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali menorehkan prestasi lebih tinggi. Dukcapil Ceria menerima dua penghargaan dari Kemenpan RB RI. Disdukcapil menerima penghargaaan masuk dalam nominasi tiga terbaik pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik (PEPPP) tahun 2022. Peringkat Pertama adalah Disdukcapil dengan nominasi terbaik adalah Disdukcapil kabupaten Badung Provinsi Bali. Berada pada peringkat kedua adalah Disdukcapil Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bagi Dukcapil Ceria merupakan prestasi yang lebih tinggi. Tren ini dimulai sejak tahun 2018 sebagai penerima penghargaan sebagai unit penyelenggara pelayanan publik Kategori Sangat Baik (-A). Pada tahun 2019 sampai tahun 2021 mempertahankan prestasi sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima (A). Untuk tahun 2022 masuk menjadi Top 3.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Padang pariaman Suhatri Bur, SE, MM dari Menteri PAN RB H. Abdullah Azwar Anas, M,Si. Dalam agenda pemberian penghargaan, Abdullah Azwar Anas didampingi oleh Sekretaris Kemenpan RB, Rini Widyantini serta disaksikan oleh seluruh Deputi dilingkungan Kemenpan RB. Hadir dan sekaligus menerima penghargaan dalam penghargaan ini adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Kepala BPS, Kepala LKPP, dan Wakapolri, serta Wakil Kejaksaan Agung. Dari instansi pemerintah daerah adalah Gubernur, Sekretaris Daerah Provinsi, Bupati/Walikota, dan Sekdakab/kota yang menerima penghargaan dari semua kategori.

Dalam agenda yang sama, Disdukcapil Padang Pariaman juga menerima penghargaan Zona Integritas kategori Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB kepada Kepala Disdukcapil, Indra Utama, AP, M.Si. Indra Utama menjadi salah satu dari tiga perwakilan simbolis penyerahan WBK oleh Menpan RB. Pada tahun ini ada sembilan unit kerja yang menerima kategori WBK.

Kemenpan RB RI mengadakan acara yang bertema “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi Menuju Birokrasi Kelas Dunia”. Dalam agenda dimaksud dilakukan rangkaian pemberian Anugrah Pelayanan Publik; Penyerahan Hasil Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah; Akuntabilitas Instansi Pemerintah Daerah; dan Penganugerahan Zona Integritas Tahun 2022. Acara ini diadakan di Ballroom Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto Jakarta.

Dalam sambutannya Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa “Birokrasi harus berdampak langsung yang dirasakan oleh masyarakat, kedua bukan tumpukan kertas, ketiga birokrasi harus lincah.” Lebih lanjut Anas menyampaikan bahwa dalam rangka untuk mempercepat dampak dari reformasi birokrasi maka ditetapkan RB Tematik yang menjadi indikator dalam penilaian kinerja ke depan.

Pertama, RB Pengentasan Kemiskinan. Tata kelola yang baik akan membawa dampak terhadap penurunan angka kemiskinan. Kedua RB Investasi, layanan yang baik pasti mendorong investasi. Investasi akan tumbuh dan mendorong terciptanya lapangan kerja. Ketiga digitalisasi administrasi pemerintah daerah. Kalau digitalisasi jalan maka pelayanan akan cepat, pelayanan lebih transparan. Poin kunci yang disampaikan oleh Anas adalah digitalisasi merupakan kunci membawa ASN keluar dari rutinitas menuju budaya inovasi dan meningkatkan kepuasan publik

Setelah menerima penghargaan ini Suhatri Bur mengungkapkan rasa syukurnya atas kinerja dan loyalitas dari birokrasi Pemkab Padang Pariaman. Hal ini merupakan bentuk konkret dari pelaksanaan visi Padang Pariaman Berjaya. Sedangkan Indra Utama menyatakan akan berkomitmen penuh untuk terus menjaga semangat dan marwah inovasi Dukcapil. Serta kedepan memiliki target masuk dalam zona integritas kategori wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Penghargaan yang ketiga yang diterima oleh Pemkab Padang Pariaman melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTP). DPMPTP memperoleh prestasi sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima (A). Peringkat ini naik dari tahun sebelumnya dari A-.

Turut hadir mendampingi Bupati Padang Pariaman dalam agenda ini adalah Inspektur Kabupaten Padang Pariaman, Hendra Aswara, dan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman Fauzani Refdiani Azhar, S.STP, MPA. (R)