Juni 17, 2024

Pewarta : Firdaus.

Editor : Khaiko.
Pelita sumbar Padang lua – Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Sumbar) akan menerapkan sistem one way atau jalur satu arah dari Kota Padang menuju Bukittinggi selama masa angkutan Lebaran 2023.

Sementara untuk pengendara dari arah Bukittinggi menuju Padang akan melalui jalur Malalak.
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengatakan jalur satu arah ini diterapkan pada H-3 sampai H+3 Lebaran 2023, atau mulai 19-25 April 2023.

“Jalur satu arah dari Padang – Bukittinggi diberlakukan mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, sementara Bukittinggi – Padang mulai 10.00 WIB sampai 16.00 WIB,” katanya, melalui siaran pers yang dikutip pada Sabtu (15/4/2023).

Suharyono menyebut pihaknya sudah melakukan uji coba pada 8 April 2023 untuk penerapan jalur satu arah tersebut, kemudian juga telah melaksanakan pengecekan jalur satu arah dari arah Sicincin – Bukittinggi.

Pengecekan tersebut untuk memastikan kelancaran kepada para pemudik lebaran Idul Fitri tahun ini, yang melintasi jalan Padang menuju Bukittinggi yang melewati Sicincin Kabupaten Padang Pariaman.

Penerapan jalur satu arah ini, menurutnya untuk mengurangi kemacetan yang biasa terjadi saat menjelang maupun sesudah Lebaran.

“Data sebelumnya saat libur Lebaran, perjalanan Padang – Bukittinggi bisa ditempuh kalau tidak ada One Way sistem bisa 7 sampai 10 jam karena macet,” katanya.

Secara detail, jalur satu arah Padang – Bukittinggi akan dimulai dari Simpang Tiga Pasar Sicincin, Kayu Tanam, Lembah Anai, Kota Padang Panjang, Aia Angek Cottage, dan berakhir di Simpang Empat Padang Lua.

Sedangkan jalur satu arah Bukittinggi – Padang akan dimulai dari Padang Lua, Simpang Tiga Malalak, Pemandian Homsen Batangeh, Pasar Tandikek dan berakhir di Simpang Tiga Koto Mambang Padang Pariaman.

Ketentuan jalur satu arah ini dikecualikan untuk pemadam kebakaran dan ambulans yang akan dipandu petugas Kepolisian (r)