Juni 22, 2024
Pewarta : Nurdin B.
Editor : Khaiko.
Pelitasumbar Padang Pariaman, Sumbar) Beritamerdekaonline.com — Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kembali salurkan bantuan bedah rumah untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Rini Sapita, warga Korong Kampuang Tangah Nagari Balah Hilir Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung. Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Padang Pariaman Rahmat Tuanku Sulaiman, pada Selasa (16/05).

Ikut hadir Wakil Ketua Baznas Fakhri Zaki dan Zulfahmi, Camat Lubuk Alung Dion Franata, Wali Nagari Balah Hilir Lubuk Alung Syafrudin bersama jajaran, Ketua Bamus, Babinsa dan Babinkhantibmas, serta wali korong di kenagarian setempat.

Dalam sambutannya Rahmat Tuanku Sulaiman menyampaikan, Baznas Kabupaten Padang Pariaman memiliki Motto Baznas Melayani dengan Cepat dan Tepat. Dengan komitmen tersebut, bantuan dari Baznas Sumatera Barat yang baru diterima empat hari yang lalu bisa langsung diserahkan hari ini.

“Baznas Sumatera Barat mentransfer empat hari yang lalu, masing-masing menerima 25 Juta,” sebutnya saat penyerahan di rumah mustahik Rini Sapita.

Kemudian Rahmat menyarankan masyarakat untuk bisa bergotong royong dalam tahap penyelesaian bedah rumah tersebut. Maka dia berharap, ada kolaborasi yang melibatkan semua pihak sehingga terbangun nilai kebersamaan dan kepedulian, serta terpupuknya nilai-nilai sosial.

Disamping itu, dia juga berharap semua ikut berpartisipasi dalam bentuk apapun, yang penting katanya, semua punya satu semangat agar rumah Rini Sapita selesai dengan cepat.

“Progresnya harus jelas dan direncanakan, 25% siapnya seperti apa hingga tahap penyelesaian 100% sehingga mustahik kita bisa langsung memanfaatkannya,” ulasnya.

Diakhir sambutannya, Rahmat menerangkan bahwa Baznas bertujuan untuk pengelolaan Zakat yang terorganisir dalam mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan masyarakat. Dia menyebut, negeri yang baldatun taibatun adalah negeri yang masyarakatnya memiliki kepedulian dengan sesama.

“Kepada pihak yang berwenang, termasuk pemerintah setempat untuk dapat melakukan pembinaan spiritual keagamaan kepada pemilik rumah untuk dapat menghiasi rumah yang telah dibangun dengan rajin ibadah dan bacaan Al-Qur’an,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Lubuk Alung Dion Franata dalam sambutannya menyampaikan kondisi keluarga Rini Sapita yang hidup bersama dua anaknya. Dia menyebut, setelah ditinggal suaminya enam tahun yang silam, Rini membiayai anak dan menyekolahkannya sendiri.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat saya mengucapkan terima kasih kepada Baznas Sumatera Barat melalui perjuangan Baznas Padang Pariaman. Mudah-mudahan apa yang diberikan memberi manfaat dan mendapat ridha Allah SWT. Bantuan ini hanya pemantik, namun penyelesaiannya perlu bersama-sama warga Balah Hilir umumnya Lubuk Alung,” himbaunya.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan Wali Nagari Balah Hilir Lubuk Alung Syafrudin. Dia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman atas bantuan untuk bedah rumah kepada warganya. Dia menilai, bantuan ini sesuatu hal yang sangat bermanfaat bagi warganya terkhusus kepada penerima manfaat.

“Terutama atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang sudah memedulikan dan memprioritaskan bantuan kepada warga miskin,” ungkapnya singkat.

Pada hari yang sama juga dijadwalkan penyerahan bantuan kepada Yasin Fitra Wardana warga Korong Pasar Balai Kudu Nagari Kudu Gantiang Kecamatan V Koto Timur.(r)