Juni 17, 2024

Pewarta : Yaker.

Editor : Khaiko.
Pelitasumbar Pakandangan –  Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes)  Kabupaten Padang Pariaman dr H Aspinuddin bersama tim terkait turun ke pasar-pasar yang menjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Kegiatan itu bertujuan untuk mengawasi dan memeriksa keamanan pangan dari kemungkinan mengandung zat yang berbahaya dan beracun.

di Pasar Pakandangan, Kamis (30/3/2023) sore dalam cuaca hujan, Kadinkes Aspinuddin menjelaskan, kegiatan pengawasan dan pemeriksaan makanan dan minuman pabukoan ini bertujuan melindungi masyarakat dari kemungkinan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan atau zat berbahaya bagi keselamatan organ tubuh manusia.

“Bahan kimia berbahaya yang sering disalah-gunakan pada pangan antara lain boraks, formalin, rhodamin B dan kuning metanil. Keempat bahan kimia tersebut dilarang digunakan untuk pangan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Aspinuddin yang akrab dengan sapaan Dokter Jimmi.

Ia menyebutkan, pihaknya membentuk dan menurunkan dua tim pada hari dan lokasi yang sama tetapi dengan jam dan sasaran berbeda. Tim pertama bertugas mengawasi dan memeriksa sarana distribusi pangan, sedangkan tim kedua mengawasi dan memeriksa pasar pabukoan.

Kegiatan ini, lanjut dia, dijadwalkan berlangsung selama lima hari. Jumat (31/3/2023) besok tim akan turun ke Pasar Pauahkamba, Kecamatan Nan Sabarih, Senin (3/4/2023) ke Pasar Sungai Limau, Selasa (4/4/2023) ke Pasar Lubuak Aluang dan Rabu (5/4/2023) ke Pasar Sungai Sariak.

“Khusus ke Pasar Lubuk Alung kami rencana turun bersama Tim Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang dan akan dihadiri Pak Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur,”jelas Dokter Jimmi .(R)