Juni 22, 2024

Pewarta : Yaker.

Editor : Khaiko.
Pelitasumbar Nan Sabaris,- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur menghadiri pelantikan Duta Pangan Nagari Padang Bintungan Kecamatan Nan Sabaris periode 2021-2024. Prosesi pelantikan berlangsung hari ini Kamis (30/03), bertempat di ruang pertemuan Kantor TP PKK kenagarian setempat.

Ketua TP PKK Kabupaten Padang Pariaman Ny. Yusrita, dalam arahannya mengingatkan bahwa duta pangan memegang peranan penting dalam meningkatkan ketahanan pangan keluarga di tengah masyarakat. Dia menegaskan, duta pangan harus menjadi pelopor dan ujung tombak untuk menggerakan keluarga dan masyarakat khususnya ibu-ibu untuk menanam tanaman pangan di sekitar rumah.

“Dan yang terpenting adalah duta pangan sendiri harus memberikan contoh terlebih dahulu dengan membuat kebun yang ditanam tanaman dapur, toga di rumah masing-masing,” katanya menegaskan.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Nan Sabaris Alkhaufa, dalam sambutannya dia menyebutkan bahwa duta pangan harus memiliki keseriusan dalam menjalankan perannya. Sebagai duta pangan diharapkannya dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam menciptakan kemandirian pangan yang menjadi konsumsi keluarga.

“Sangat diperlukan kegigihan, kesabaran dan keikhlasan duta pangan menjalankan tugasnya, agar gerak nyata dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ulasnya menambahkan.

Demikian juga halnya dengan wali Nagari Padang Bintungan, dia mengharapkan duta pangan dapat bekerja untuk mengajak anggota dasawisma memanfaatkan pekarangan dengan tanaman dapur, dan toga.

“Paling tidak kita dapat memenuhi kebutuhan dapur dalam keseharian,” katanya singkat.

Setelah pelantikan oleh Wali Nagari Padang Bintungan Azri, 30 Duta Pangan yang merupakan Ketua Dasawisma se Kenagarian Padang Bintungan langsung diberikan bimbingan teknis (Bimtek). Hadir sebagai narasumber Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Khadijah dan Rina Susanty, SP penyuluh pertanian yang juga merupakan pokja 3 Kecamatan Nan Sabaris.

Pelantikan duta pangan ini juga dihadiri ketua dan anggota Pokja 3 Kabupaten Padang Pariaman serta TP PKK Kecamatan.(R)