Juni 17, 2024
Pewarta : Mkd.
Editor :  Khaiko.
Pelitasumbar Padang Pariaman – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menggelar penanaman padi sekaligus panen jagung di Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan rangkaian kerja pemerintah dalam meningkatkan produksi nasional.

“Kegiatan ini dalam rangka mengakselerasi ketahanan pangan nasional, utamanya peningkatan produksi padi dan jagung,” ujar Wamentan, Kamis, (23/2/2023).

Permintaan Bupati Direspon Gubernur, Pemprov Sumbar Serahkan 75,8 Ton Beras untuk Korban Banjir
Pelantikan FK LPQ, Bupati Minta Agar Bantu Wujudkan Padang Pariaman Religius
Gerakan Perekonomian Masyarakat Kawasan Hutan di Lubuk Alung, Gubernur Mahyeldi Bantu LPHN

Menurutnya, Padang Pariaman merupakan wilayah subur yang memiliki potensi besar dalam menopang pangan nasional. Apalagi, produktivitas di sana terbilang tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.
“Provinsi Sumatera Barat selama ini ikut andil dalam menggiatkan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan,” katanya.

Selain tanam dan panen, Wamentan juga turut menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok tani setempat. Bantuan tersebut berupa benih unggul, rehabilitasi jaringan irigasi tersier, padi biofortikkasi untuk 500 hektar, corn seller 5 unit, TR2 1 unit, vultivator 2 unit dan pompa air sebanyak dua unit.

“Bantuan ini adalah bentuk investasi dari Kementan untuk meningkat produktifitas tanaman padi itu nantinya. Melalui bantuan ini saya berharap bisa memudahkan para petani bekerja dan memacu gairah petani untuk berkreasi,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan terimakasih atas dukungan dan bantuan pemerintah pusat dalam mengembangkan sektor pertanian di wilayah kerjanya. Dia berharap, bantuan sarana dan prasarana pertanian tersebut dapat mendukung peningkatan produksi padi di daerahnya.

“Semoga kedatangan Wamentan di tengah kita ini bisa membawa berkah dan terus memajukan pertanian Padang Pariaman,” jelasnya. (r)