Juni 15, 2024
Pewarta : Mkd.
Editor : Khaiko.
Pelitasumbar Enam Lingkung, – Dalam rangka meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Padang Pariaman, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur bersama dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy beserta jajarannya menyambut kedatangan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI Harvick Nurul Qolbi di Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung, pada Kamis (23/02/2023).

Dalam sambutannya Wamentan Harvick mengungkapkan, dengan luas wilayah dan kultur tanah yang baik, Kabupaten Padang Pariaman dapat memaksimalkan lahan untuk produksi pertanian. Disamping itu, turut melakukan terobosan di bidang pertanian sehingga memperoleh hasil maksimal dalam hasil panen.

“Dengan hasil panen yang baik dan berkualitas tentunya akan meningkatkan harga jual. Ini juga akan berdampak bagi meningkatnya perekonomian,” ungkapnya.

Ia juga berharap para petani dapat meningkatkan pengetahuannya di bidang pertanian terkait bibit dan pupuk. Dengan luas lahan yang tersedia, petani dapat berkreasi menyesuaikan tanaman dengan kebutuhan pasar.

Senada dengan itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengungkapkan, Provinsi Sumatera Barat merupakan wilayah agrikultur yang mata pencarian utamanya bertani dan berkebun. Dengan demikian, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menganggarkan 10% dari dana APBD kepada Dinas-dinas yang terkait dengan sektor pertanian.

“Sumatera Barat adalah wilayah pertanian yang tidak cocok dijadikan wilayah industri. Dengan demikian, Kiranya dapat menjadi perhatian bagi Wamentan dalam menetapkan kebijakan untuk meningkatkan hasil pertanian di Sumatera Barat,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyebutkan, dengan luas area persawahan yang mencapai 18.289 Ha, Padang Pariaman memiliki potensi yang amat besar di bidang pertanian. Selain produksi tanaman padi, bumi Padang Pariaman juga memiliki potensi yang cukup baik pada tanaman jagung.

“Sebagai bentuk keseriusan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, Pemerintah Daerah telah membuat Perda Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B). Hal ini ditujukan untuk melindungi lahan sawah masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman,” ungkapnya.

Dengan kebijakan penyediaan benih unggul bermutu, pupuk organik, perbaikan jaringan irigasi, dan juga penyediaan alat mesin pertanian (Alsintan), Suhatri Bur berharap dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dan para petani makin melek terhadap ilmu pertanian.

“Kita berharap kehadiran Bapak Wamentan dapat membawa berkah bagi Kabupaten Padang Pariaman khususnya di bidang pertanian,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Wamentan Harvick menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok tani daerah setempat berupa benih unggul, rehabilitasi jaringan irigasi tersier, padi biofortikkasi untuk 500 Ha, 5 unit corn seller, 1 unit TR2, 2 unit vultivator, dan 2 unit pompa air. Selain itu, juga diserahkan benih unggul bermutu oleh Kementerian Pertanian RI kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman berupa padi putiah papanai, cabe kuhay, durian kunik tandikek, jambu biji merah, karambia padang pariaman, dan pinang wangi.(r)