Juni 22, 2024
Pewarta : Ardison.
Editor : Khaiko.

Padang pariaman,Pelitasumbar.com – Bawaslu Padang Pariaman melakukan Pengawasan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten yang dilaksanakan KPU setempat di Kayu Tanam, Rabu (28/2/2024).

Hadir dalam pengawasan yang dilakukan secara langsung itu, Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Azwar Mardin, Koordiv P3S Irwandi, Panwascam se-kabupaten, serta turut dihadiri para saksi partai politik, saksi pasangan calon Presiden, sejumlah kader parpol, serta masyarakat yang mengikuti jalannya pleno.

Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Azwar Mardin mengatakan, hari ini pihaknya melakukan pengawasan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh KPU setempat.

“Pengawasan di sini dalam artian, pada saat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara, Bawaslu beserta jajaran memperhatikan dan memastikan bahwa tidak ada perbedaan antara rekapitulasi di kabupaten dengan formulir D hasil kecamatan baik yang ada sama Bawaslu maupun para saksi,” ujar Azwar Mardin.
Sehingga dengan pengawasan yang dilakukan ini tidak ada pihak yang dirugikan baik pasangan calon, partai politik maupun calon legislatif.

Kegiatan rekapitulasi tingkat kabupaten ini dimulai dari rapat pleno hasil penghitungan Daerah Pemilihan (Dapil) Padang Pariaman IV, kemudian disusul dengan dapil lain.

“Dimulai Dapil VI dengan rekapitulasi penghitungan hasil Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Sumbar kemudian DPRD kabupaten,” ujar Azwar.

Rekapitulasi yang juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube KPU Padang Pariaman, diperkirakan berlangsung selama tiga hari dan berakhir 1 Maret 2023. (r-***)