Juni 15, 2024
Pewarta : Andi.

Editor : Khaiko.
“Pemkab Solok Selatan, Sumatera Barat, membangun sentra pembibitan sapi guna mewujudkan swasembada daging”.
Pelitasumbar Solok Selatan –  Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, membangun sentra pembibitan sapi guna mewujudkan swasembada daging dan meningkatkan populasi sapi di daerah itu.

“Masterplan-nya sudah kami kerjakan dan proses pembuatan kandang juga sudah dimulai dan ini akan terus berlanjut,” kata Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Rabu (16/11/2022).

Khairunas mengatakan, lokasi pembibitan sapi ini dibangun di Golden Arm Kecamatan Sangir di atas lahan seluas 15 hektare.

Ia mengatakan, pemerintah setempat masih terkendala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk mendatangkan indukan namun pembangunan fasilitas masih terus dikerjakan.

“Walaupun masalah sapinya terkendala tetapi pembangunan fasilitasnya tetap berjalan terus,” ujarnya dikutip Antara.

Selain itu, katanya, masing-masing 500 ekor sapi bantuan dari APBD dan APBN juga belum bisa masuk karena terkendala PMK.

Dia menyebutkan, pengembangan sapi ini juga sejalan dengan pengembangan sorgum di Solok Selatan sebab batangnya bisa dijadikan bahan pakan alternatif.

Dia berharap, PMK bisa segera teratasi sehingga bantuan baik dari APBD maupun APBN serta rencana pembibitan sapi bisa berjalan.

“Semoga PMK cepat berlalu sehingga program pemerintah bisa berjalan baik demi kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.(r)