Juni 22, 2024
Pewarta : Gindo Suhara.
Editor : Khaiko.
PELITASUMBAR (Padang pariaman)_Wakil Menteri Tenaga Kerja RI, Alfiansyah Noor pada Rabu, 20 Juli 2022 bersama Direktur BP2MI Pusat Seriulina Tarigan, Benny Ramdhani didampingi Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur beserta rombongan mengunjungi CV Citra Dragon salah satunya di sumbar industri yang bergerak di bidang pertanian yang beralamat dikorong Durian Gadang Nagari Lareh nan panjang Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman Sumbar.
Kunjungan tersebut terkait dengan perkembangan dan peningkatan produksi industri alat mesin Pertanian (Alsintan) yang di produksi oleh CV Citra Dragon
Riko Andri Agus direktur CV Citra Dragon saat diwancara awak media Pelita Sumbar.com  mengatakan dulunya kami berharap agar hasil produksi CV Citra Dragon secara bertahap bisa masuk kedalam e-katalog hingga sampai ke tingkat Nasional, sehingga nantinya produk-produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan produk lainnya
CV Citra Dragon yang bergerak di industri alsinta tersebut, dimana awalnya hanya memproduksi
tempat tidur dan Terali Pintu, dengan seiring berjalannya waktu berkat kegigihan serta bimbingan dari dinas terkait, dan sekarang CV Citra Dragon sudah dapat memproduksi industri alat mesin pertanian seperti, membuat mesin perontok padi,Hidrotiller (mesin bajak sawah rawa) dll.
“Alhamdulillah sekarang kita sudah masuk e-katalok lokal Sumatera Barat, dan sudah masuk juga di e- katalok nasional,”kata Riko.
“Hal senada juga disampaikan oleh Komisaris CV, Citra Dragon H. Edi Putra, SE (ajo bujang) bahwa usaha industri ini dirintis oleh ayahnda almarhum H. Agus. Sejarah awal berdirinya usaha yang diberi nama CV, citra dragon dimulai pada tahun 1976, yang awalnya hanya bengkel las ketok biasa, seiring berjalannya waktu dan juga didukung oleh pemerintah melalui Dinas terkait sehingga bisa menjadi usaha industri alat pertanian sampai sekarang masih produksi,” jelas ajo bujang panggilan akrabnya.
Semakin hari usaha industri perbengkelan tersebut semakin melihatkan kemajuan yang cukup signifkan, sehingga CV Citra Dragon bisa bersaing di pentas nasional dengan menampilkan bermacam -macam alat industri pertanian dari hasil produksi CV Citra Dragon.
Dengan adanya perhatian pemerintah terhadap industri alat pertanian melalui dinas terkait dan juga berkat bimbingan dan pelatihan yang diberikan pemerintah allhamdullilah usaha tidak mengkhianati hasil sehingga CV Citra Dragon semakin berkembang dan semakin pesat kemajuannya.
“Pencapaian ini bukanlah hal yang mudah, tentu juga banyak tantangan yang ditempuh untuk mengembangkan usaha industri ini, salah satunya pertentangan dari masyarakat yang menganggap industri alat pertanian ini sebuah persaingan, bagi buruh tani yang menjual jasa kepada pengelola usaha tani menganggap dengan adanya mesin alat pertanian ini mematikan usaha/mata pencarian mereka,” terang Edi Putra.
“Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu industri alat mesin pertanian ini secara berangsur-angsur dapat diterima oleh masyarakat
Kenapa bisa diterimanya, karena hasil dari produksi CV Citra Dragon menggunakan prinsip alat pertanian tepat guna, sesuai dengan kebutuhan masyarakat petani,”tutur H. Edi Putra (ajo bujang).
Ia menambahkan Bengkel ini juga menerima pesanan dari luar daerah, pesanan dari masyarakat petani, dan CV Citra Dragon lebih mengutamakan kepuasan pelanggan dengan memberikan alsinta yang berkualitas dan bermutu.
“Dan kami seluruh jajaran CV Citra Dragon mengucapkan terima kasih kepada bapak Alfiansyah Noor beserta rombongan, kemudian kepada bapak bupati Suhatri Bur, bapak Benny Ramdhani yang telah memberikan arahan terkait dengan pengembangan industri alsintan ini, serta dapat meluangkan waktunya untuk berkunjung ketempat kami ini CV Citra Dragon.”
“Dengan adanya kedatangan bapak wakil menteri tenaga kerja RI, Alfiansyah Noor putra asal Sumbar ini, mudah-mudahan CV Citra Dragon kedepannya dapat lebih baik lagi, dan dapat menambah semangat dan motivasi kami dalam meningkatkan hasil produksi, dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh karyawan/tenaga kerja CV Citra Dragon, tentu hasil yang baik dan memuaskan
dikerjakan oleh tenaga kerja yang handal dan profesional,”imbuh ajo bujang, komisaris CV Citra Dragon.(*)