Juni 22, 2024
Pewarta : Ardison.
Editor : Khaiko.
Parit Malintang (Pelitasumbar) – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan Ketua TP PKK Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).
Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo pada acara puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30 Tahun 2023, pada Selasa (04/07), bertempat di Menara Griya Agung Jalan Demang Lebar Daun Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.
Penghargaan MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengelolaan bangga kencana dan percepatan penurunan stunting. Bupati Suhatri Bur dinilai sebagai salah satu Kepala Daerah yang sangat peduli dan berperan aktif terhadap penyelenggaraan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dalam Pembangunan
Keluarga Sejahtera dan percepatan penurunan stunting.
Sejalan dengan itu, Ketua TP PKK Yusrita juga sosok yang berperan melalui 10 program pokok PKK yang dipimpinnya sukses dalam hal penurunan stunting di Kabupaten Padang Pariaman.
Bupati Suhatri Bur yang didampingi istri Yusrita mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dirinya bersama-sama mewujudkan keberhasilan ini, sehingga bisa menerima penghargaan MKK. Dia berharap, kedepannya sosialisasi Program Kependudukan dan Keluarga Berencana ini dapat terus ditingkatkan guna menjadikan keluarga yang bahagia dan sejahtera.
“Terima kasih atas kerja keras kepala perangkat daerah terkait bersama jajaran, kedepan kita harus berjuang lebih keras lagi untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga bagi masyarakat Padang Pariaman,” ungkapnya setelah menerima penghargaan.
Dengan diberikannya penghargaan ini terangnya, diharapkan dapat menambah semangat untuk meningkatkan kerja dan peran kontributif kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian. Dia mendoakan siapa saja yang telah berbuat, semoga upaya bersama ini dinilai ibadah oleh Allah SWT. Menurutnya, sosialisasi perlu lebih digencarkan dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengikuti program KB yang digalakkan pemerintah secara nasional.
“KB bukan untuk menghambat atau membatasi jumlah anak, tapi mengatur jarak kelahiran, untuk menjaga kesehatan reproduksi ibu dan menjamin kesejahteraan keluarga,” harapnya lagi.
Hal senada juga disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, dia mengungkapkan rasa Terima kasih kepada seluruh masyarakat, karena telah mendukung 10 program PKK. Sehingga dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Padang Pariaman dengan makan makanan bergizi melalui pangan lokal dan peningkatan ekonomi keluarga.
“Terima kasih juga kepada seluruh kader PKK Padang Pariaman, mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke nagari hingga ke tingkat dasawisma. Mari terus kita geliatkan program kesejahteraan masyarakat di lingkungan masyarakat dan kita awali dari keluarga kita masing-masing,” ajaknya menegaskan.
Dalam menerima penghargaan tersebut juga ikut hadir mendampingi Kepala DPPKB Elfi Delita bersama jajaran, segenap unsur duta genre Kabupaten Padang Pariaman yang sedari awal telah mengikuti rangkaian kegiatan Harganas ke 30 Tahun 2023.(r)