Juli 25, 2024

Pewarta : Buyung.
Editor : Khaiko.
Parik Malintang,Pelitasumbar.com –
Sekretaris Daerah Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis, menerima kunjungan Visitasi Kepemimpinan Nasional, Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VIII Lembaga Administrasi Negara tahun 2024 Di Hall IKK Parit Melintang pada Rabu, 26 Juni 2024.Seperti diungkap ketua tim, Kunjungan Visitasi kali ini mengangkat tema Digitalisasi Administrasi pemerintah dalam pemberdayaan UMKM ekonomi kreatif dalam mendorong pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan, mengambil okus Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Mengawali sambutannya Sekda Rudy mengucapkan terimakasih dan selamat datang di Padang Pariaman. Dengan penuh keakraban Rudy yang juga alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II LAN ini juga berterimakasih telah memilih Padang Pariaman sebagai lokasi visitasi.

“Selamat datang dan terimakasih telah memilih Padang Pariaman sebagai lokasi visitasi ” Sebutnya

Dihadapan para peserta dan Kepala Perangkat Daerah terkait Rudy memaparkan sejumlah prioritas dan sasaran pembangunan Padang Pariaman dalam rangka peningkatan pemberdayaan masyarakat, kapasitas pelaku UMKM dan daya saing produk, peningkatan investasi, upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan sektor pertanian, perdagangan dan pariwisata.

Ditegaskan, pertumbuhan Ekonomi Padang Pariaman selama tiga tahun berturut turut mengalami tren membaik dengan terus meningkat. sebut saja katanya untuk tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Padang Pariaman mencapai 6,87 %, melebihi pertumbuhan provinsi Sumbar bahkan nasional. Sementara untuk tahun 2023 walau sedikit menurun di angka 5,46 namun masih melebihi Sumbar di angka 5,04%.

“Sektor utama yang mendukung tingginya laju pertumbuhan kita adalah sektor UMKM, Makan Minum, dan Pergudangan disamping itu sektor Pertanian, Perikanan, peternakan yang menyumbang pertumbuhan Ekonomi Padang Pariaman.” Imbuhnya

Usai pemaparan oleh Sekda Rudy, Ketua tim Drs. Eris Yustiono, M.Sc menyampaikan apresiasi kepada Bupati Suhatri Bur, menurutnya dengan PAD yang cukup terbatas, namun bupati Padang Pariaman Suhatri Bur berhasil mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi Padang Pariaman.

“Kita apresiasi langkah maju Bupati Suhatri Bur dalam menggerakkan sektor UMKM, Pertanian, sektor investasi yang menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi di Padang Pariaman. itulah makanya kita mengambil Padang Pariaman sebagai lokasi visitasi ini” Sebut ketua tim Drs. Eris Yustiono, M.Sc yang merupakan Widyaiswara Ahli Madya Puslatbang PKASN LAN.

Kegiatan tersebut, Selain Sekda, juga hadir mendampingi Asisten I Rudy Rahmad, Kepala Disdagnakerkop UKM Jon Kenedi, Kepala Dinas PMPTP Arkadius, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Anwar, dan kepala Perangkat Daerah terkait lainnya.(r-***)