Pewarta : Hendri.
Editor : Khaiko.

Kota Bukittinggi,Pelitasumbar.com – Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bukittinggi, Zulfikar, memperkirakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijiriah akan jatuh pada 10 April mendatang. Menurutnya, tidak akan ada perbedaan dalam penetapan 1 Syawal dalam metode hilal atau rukyat.

Hal itu disampaikan Zulfikar saat rapat persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau tahun 2024 di aula Balai Kota Bukittinggi, Rabu (27/03/2024). Rapat tersebut digelar PHBI bersama Pemko Bukittinggi dan sejumlah pihak terkait.

“Perkiraan waktu Idul Fitri 1445 H tidak akan ada perbedaan dalam penetapan 1 Syawal dalam metode hilal atau rukyat. Diperkirakan akan jatuh pada 10 April mendatang,” sebutnya.

Menurutnya, hal ini didukung oleh perkiraan bahwa pada akhir Ramadhan atau 9 April, bulan sudah berada tujuh derajat di atas ufuk.

“Sebagai persiapan, PHBI bersama Pemko dan berbagai pihak menggelar rapat untuk menyambut Idul Fitri. Besar harapan kita seluruh kegiatan perayaan Idul Fitri akan berjalan lancar,” tambahnya.

Ia mengaku, PHBI juga telah melakukan serangkaian persiapan untuk teknis pelaksanaan shalat Idul Fitri nantinya. “Untuk khatib kita akan menghadirkan Buya Jel Fathullah. Kita sudah menghubungi beliau dan beliau bersedia. Kemudian untuk imam shalat Ied akan diemban oleh Ustad Arif,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Bukittinggi, Johny yang hadir pada rapat tersebut, mengharapkan dengan persamaan waktu Idul Fitri bisa menjadikan perayaan lebih semarak.

“Shalat Ied direncanakan akan dilaksanakan di Lapangan Kantin. Tahun ini libur Idul Fitri cukup panjang dan karena waktunya sama diperkirakan akan ramai diikuti warga. Untuk itu kita telah melakukan berbagai persiapan agar pelaksanannya ibadah shalat Ied berjalan dengan aman, nyaman dan khusuk,” tambahnya.

Ia juga menambahkan jika nantinya terjadi hujan maka pelaksanaan shalat Idul Fitri akan dilaksanakan di Masjid Al Hanif yang berada di dalam lingkungan Kodim 0304 Agam”.(r.khai)